Minggu, 08 Maret 2015

Kopling Ganda Ambrollll.....



Hari minggu ane disuruh nganter temen buat “survey” mobil kijang pick up di daerah siluk kecamatan panggang Jogjakarta. Katanya udah janjian sama pemilik mobil kalo cocok mau dibayarin sama temen ane mobilnya. Rencananya sih ane mau diboncengin sama temen ane naik motor, tapi berhubung postur temen ane XXXXXXL ukuranya (sorry bro :D ) ane putusin pake motor sendiri aja. Soalnya rute dari imogiri-panggang jalanya naek turun lumayan greget. Nggak ada yang aneh dalam perjalanan semua terasa biasa aja. Di jalan lalu lintas agak sepi Cuma terlihat sesekali muda-mudi boncengan menyalip kami, wajarlah hari minggu :P . bisa dipastikan tujuan mereka adalah wisata pantai yang banyak terdapat  di gunung kidul.

Setelah perjalanan kurang lebih 30 menit akhirnya sampai di tempat tujuan. Bagai anjing pelacak milik densus 88 semua sudut mobil mulai dari surat-surat, kir, ban, kolong, dashboard, mesin, karbu sampai terakhir di hidupin mesinya. Pokoknya nggak ada yang kelewat deh. Ane sih Cuma diem duduk manis sambil prengas-prenges di pojokan dengerin mereka ngomong karena nggak tau apa-apa tentang roda 4 :D Entah mereka deal atau tidak karena ane ga terlalu fokus dengerin mereka ngobrol. Perhatian ane teralihkan waktu mereka ngobrol sama sesosok manis berjilbab yang lewat di depan rumah pemilik mobil. Sumfeehh.. senyumanya bikin ane bengong.. manissss buangett…  tersenyum sambil memeluk mukena (sepertinya baru pulang dari mushola karena waktu itu emang pas dzuhur) dengan rok warna putih panjang menjuntai bermotif bunga-bunga dan kemeja coklat lengan panjang tampak anggun dan adem banget dilihat mata. Subhanallah.. ternyata masih ada wanita yang bikin adem ati karena nggak nggratisin p*ha d*da nya sama orang-orang.. pemandangan sejuk itu sirna karena temen ane ngajakin pulang setelah hampir 20 menit negoisasi sambil ngelihat kondisi mobil. Duhhh.. gak bisa liat mbak nya lagi. Duhh dekkk… eh mbakk… 

Sambil membayangkan senyum manis mbaknya tadi (sumfehh.. ane nggak ngebayangin yang ngeres-ngeres) di perjalanan pulang tiba-tiba motor ane kaya “nggerung” atau pas lagi jalan koplingnya kaya ketarik. Waduuhh.. apaan nih.. saking kagetnya ane langsung berhenti sambil ngecek barangkali setelan koplingnya terlalu kenceng atau kabel koplingnya ketarik. Tapi ternyata semua beres, kalo kampas kopling abis kok dadakan? Tadi pagi buat beli rokok ke warung normal, buat perjalanan berangkat tadi juga masih normal Ah.. mungkin Cuma perasaan ane aja tadi. Ane coba ngidupin motor pake kick stater.. eh kok jadi “ngelos”???  waduhhh.. ternyata emang bener motor ane bermasalah. Terpaksa deh di step pulangnya sama temen ane tadi karena motor nggak mau di kick stater. Untung udah lewat jalan yang naek turun.

Sampai dirumah ane penasaran langsung ane bongkarin motor ane. Bak kopling ane copot dan tenyata penyebabnya adalah  kopling sentrifugal nya rompal alias ambrol atau dol bagian yang bergerigi buat ngunci kruk as nya. Lah motor kopling manual kok ada kopling sentrifugalnya? Anu.. motor ane emang koplingnya otomatis tapi ane ubah jadi manual, karena itu ada kopling sentrifugalnya (kopling ganda) tapi ane matiin fungsinya dengan mengelas di 3 titik.
Duhhh aduuuhhh… kepiye iki maaakkk.... mana belum gajian eh malah motor ngambek.



Tumben juga nyopot kopling sentrifugalnya susah, untung ada tracker minjem di bengkel temen akhirnya bisa dicopot juga. Entah karena pemasangan yang salah (kurang kenceng ngebautnya) atau emang udah waktunya ganti. Ah ya sudahlah lah.. sekarang fokus gimana cara benerinya. Soalnya kan cuma satu-satunya, nggak punya motor lain. Biar jelek dan nggak “reseng” tapi udah sampe kemana-mana hhe. Sambil searching di google dan nyeruput secangkir good day ane cari-cari harga sentrifugal shogun. Eh malah internetnya superlemot.. pengen tak banting stupidphone ane.. tapi sayang dan akhirnya gak jadi tak banting.



Saat emosi memuncak karena dan internet yang kaya siput iseng-iseng ane jadiin DP di stupidphone ane foto sentifugal yang ambrol. Bener kata orang kalo rejeki emang nggak bakalan kemana. Tiba-tiba ada temen yang nawarin sentrifugal bekas motornya. Alhamdulillah ya allah :D Pas ane tanya suruh bayar berapa doi malah bilang “gowonen ae cuk, mbangane nganggur neng umah ngebak-ngebaki kamarku” (bawa aja dari pada dirumah menuh-menihin kamarku) hhahaha.. aseeekk dapet gratisan :P


Gak nunggu lama ane langsung ngambil sentrifugalnya dirumah temen ane make yamaha meong punya om ane. Tinggal gassss… nggak usah ribet narik kopling sama nginjek pedal persneling :D. setelah sampai dirumah temen langsung ane bawa pulang kopling sentrifugalnya. Sampe dirumah langsung pasang :D 


Tapi pemasangan belum selesai karena haruh ada yang dilas listrik bagian pinggir mangkok kopling sama kopling gandanya biar paten. Jadi fungsi dari kopling sentrifugal itu sendiri dimatiin alias nggak difungsiin. Cuma buat balancer aja biar imbang beratnya sama magnet standar shogun. Maklumlah.. khan bukan motor “reseng” yang magnetnya bubutan atau make magnet Yamaha YZ yang konon katanya nambah performa buat mesin dan lebih enteng, jadi mesing gampang teriaknya kayak cewek-cewek jepang yang di film-film itu :D . Nguuueeeeennggg…


Akhirnya setelah di las titik pasang lagi bak kopling, kabel kopling di pasang ke stut, pasang knalpot, pasang footstep jadi dehhh.. si butut kesayangan siap diajak ngegas lagi :D

2 komentar:

  1. Maaf mas mau tanya itu posisi ganda kn di las posisi kampas ganda ikut dipasang apa dilepas

    BalasHapus