Kamis, 11 Desember 2014

Ganti bearing noken as... eh..

Niatnya sih cuma mau ganti bearing noken as, tapi berhubung kondisi noken as sendiri yang belum pernah ganti sejak beli ni motor malah muncul ide aneh lagi buat benerin tuh polesan mekanik gemblung jaman STM tahun 2006 dulu yang ngeracik noken as motor ane. denger-denger biayanya lumayan terjangkau juga :D

langsung eksekusi di tempat, preteli area silinder head dan taraaaa... kerak hampir menutupi seluruh bagian ruang bakar berwarna hitam pekat. lubang exhaust sampe nggak keliatan tertutup kerak :D

kata temen sih karna ane pake premium jadi tuh kerak tebelnya bukan main. hhee.. yah namanya juga rakyat kecil :P ga papa dong pake premium? lagian nggak dosa kan bebek jadul 124cc minum premium? yang dosa itu bobok bareng same cewek yang bukan muhrim dikamar kost atau minim oplosan cherrybelle hhehehe

lanjut setelah semua terlepas ane angkut tuh noken as bawa ke tukang bubut spesialis noken di daerah Bantul. ditanya sam tukang bubutnya "mau dibikin gimana mas?" ane jawab "touring aja mas, spek motor saya klep standar blablablablablabalaba". "oke deh.. siap.. loh,ini kayaknya udah pernah dikepras mas pantat nokenya.. tapi kok nggak rata ya?" kata tukang bubut. "iyo e mas.. itu yang bubut mekanik gemblung dulu mas" jawabku. "oh.. untung bubutnya nggak extreme ini.. masih bisa dibenerin.. oke siapp.. besok siang nokenya jadi,ambil kesini mas nokenya" kata tukang bubutnya sambil mesem. mungkin dalam hati si tukang bubut bilang motor buat harian aja pake bubut noken segala kalo touring juga paling jauh buat nonton dangdut di desa sebelah :D

setelah dikasih nota ane langsung pulang, nglanjutin bersihin head biar kinclong dan sekalian nyekur klep biar kompresi terjaga (padahal ring seher udah lemah hhaahaha).


                                                  
Setelah area head bersih lanjut bersihin piston juga.. walah, ini piston sampe kaya pantat panci punya simbok.. item beuddd... :P  heran, motor kaya gini kok masih bisa jalan. kalo ada anak "reseng alay" liat pasti bakal shock ngeliat kerak yang begitu tebalnya nempel dipiston thunder OS 0 ane. mungkin langsung panik dan ngamuk sama orang tua minta duit buat beli ban cacing eh.. buat bikin stoplamp warnanya putih.. eh,piston baru maksudnya :D .

                                           
setelah bersih semuanya langsung cabut pergi ke bengkel beli sealer, seal klep ori SGP, oli primaXP(nggak kuat beli oli reseng :D ) sama paking head yang 1 lembar punya shogun kebo.
singkatnya, esok hari seperti yang udah dijanjiin sama tukang bubut ane meluncur untuk ngampbil noken as. yapp.. tukang bubutnya nggak PHP in ane ternyata, nyampe disana ternyata noken as ane udah terpajang di atas etalase dan siap untuk diambil. setelah transaksi pembayaran langsung cabut dari tempat tukang bubut menuju rumah. nggak lupa mampir toko onderdil dulu buat beli bearing nya. bearing Nachi dengan kode 6003 dan 6002 kalo nggak salah di tebus dengan 2 lembar uang 20ribuan, 1 lembar uang 5ribuan dan 1 lembar uang 2ribuan..

lah trus masang bearingnya gimana?? kenapa nggak minta di pasangin sekalian sama tukang bubut nokenya tadi woiiii!!! koplakkk!!!

hadehh.. yaudah terpaksa mampir ke tempat  temen yang buka bengkel minta dipasangin sekalian dan biaya pasangnya sebesar..... gratisssss.. :P

                                                 
sesampainya dirumah karena kehujanan ane buat kopi dulu buat ngangetin badan coy.. setelah itu baru pasang noken dan head silinder lagi dan rakit semua komponenya. celah klep disetel lagi dan jreng-jreng-jrengggg..... jadi deh.. terpasang dan Alhamdulillah nggak ada kelebihan atau kekurangan baut akibat lupa masang :D.

sambil nunggu ujan berhenti  ane coba ngidupin motor.. pencet electrik starter gak nyala-nyala karena dinamo starternya nggak ada (terus?? lucu gitu??) iya nggak lucu ane tau kok. setelah 3-5 kali pake kick starter motor mau nyala.. setelah stel angin karbu selesai ane rasain suara stationernya agak beda dari biasanya dan suaranya kok nggak se nge-clek biasanya ya? au ahh gelappp.. :P

buat performa sih kayaknya nggak beda jauh dari biasanya.. :) nggak bisa kaya punya orang yang motornya standar dan ngaku diforum bisa tembus lari 120 kpj. nggak bisa kaya yang di pesbuk bisa nyenggol 150 kpj dengan ubahan mesin yang simple (mabok saya), tapi yang penting.... yang paling penting adalah...  bearing noken as motor ane baru!!! :D





Tidak ada komentar:

Posting Komentar