Senin, 15 September 2014

Bengkel Racing abal-abal kah?

Di jogja saya punya teman yang punya teman yang kenal dengan seorang teman yang punya teman di sebuah bengkel yang katanya bengkel "racing" :D. Yupp.. bengkel racing dengan garapan fokus membuat motor kentjang yang dipenuhi spare part aftermarket bermerk kelas dunia :D . kalo denger dia cerita tentang garapan bengkelnya wihh.. bikin saya pribadi minder,  karena rata-rata pasien dibengkel tersebut adalah mahasiswa tajir anak para pengusaha atau pejabat (katanya lho). karena pasien disitu tajir-tajir bisa dibayangin dong motor apa aja yang disetting dibengkel tersebut? minimal mungkin Ducatti kali ya? :P hhe.. kalo Shogun butut punya saya sih nggak bakal berani nongol di bengkel racing tersebut.

singkat cerita, seorang teman saya kepincut pengen masukin motornya dibengkel tersebut.setelah janjian dan meramal dana yang dibutuhkan akhirnya teman saya mantep buat ngoprek Jupiter Z  burhan kesayanganya biar bisa lebih gesit buat nyalip-nyalip diantara motor harian. bukan buat balapan karna si empunya jupe bukan pembalap.


setelah konsultasi sama mekanik dan deal, Jupiter Z nya mau dibikin kohar alias korek harian. dengan perhitungan tingkat dewa si mekanik si jupiter diperkosa dengan Piston jenong Izumi OS 100, maen papas blok, kepras noken as dan penggantian kampas kopling pake punya suzuki FR. detail itung-itunganya saya nggak tau pasti karena sudah pasti itu jadi rahasia bengkel. knalpot standar harus dibobok sama ganti leher angsa dengan pipa yang lebih gede. setelah beberapa hari sang jupe pun siap dijajal dijalanan.

si empunya jupe ngajak saya ke bengkel buat njenguk si jupe. Blarrr... suara knalpot bobokan mengelegar setalah pedal kick starter diinjak karena dinamo starter udah nggak kuat ngidupin mesin akibat kompresi tinggi. suara gemericik rocker arm terdengar lebih keras dari biasanya. tuas kopling lebih berat ditarik karena make per kopling produk racing. yang jelas ni jupiter jadi nggak doyan premium lagi, mintanya pertamax plus. wuuoorrrrrrrrr.... wuoooorrrrrrrr wuuuusss.. si jupe melesat dijalanan yang agak sepi. wihh.. bener deh ternyata garapan bengkel reseng ini keren :P. wahh.. ini kohar apa buat balapan sih? kok kompresinya tinggi banget sampe minta minumnya pertamax plus? mungkin menurut sang mekanik mesin bakalan aman-aman aja dipake harian. tapi itu dompet si empunya jupe yang bakal jebol wakakakakaaaa... :D

lalu dengan bangga sang mekanik pun menceritakan sebagian hasil karyanya yang teronggok di dalam bengkel. mulai dari motor road race sampai motor drag race punya anak-anak racing yang menjadi langganan disitu juga diceritain. yang saya tangkap dari cerita mekanik dan beberapa orang yang ada di bengkel sepertinya mereka enggan make produk kualitas dua. bahkan saya denger sendiri si mekanik bilang "motor mau kenceng kok pake CDI Varro, Pake Rextor dong!"
wow! dalam hati saya entah itu bercanda atau serius tapi saya berfikir kok ini orang kaya "tinggi" banget omonganya ya? jadi aneh... dari tadi ngomong parts yang harganya selangit mulu. apa mungkin karena saya bukan anak reseng jadi menurut saya apa yang mereka bicarakan sepertinya terlalu berlebihan.

ada satriaF kepunyaan salah seorang pelanggan, mulai dari CDI yang harganya hampir 2 juta, knalpot buatan thailand asli lah, piston CBR lah, klep titanium lah, Karbu PWK super gedhe dan lain lain sudah nemplok di epyu tersebut. saya sih percaya kalo SatriaF emang udah dari pabriknya punya jambakan yang manteb lalu saya jadi penasaran, prestasi apa yang udah didapet tuh epyu karena seperti yang dibilang mekanik segudang parts aftermarket mahal sudah terpasang di SatriaF tersebut.
sang mekanik bilang "ini masih riset" belum dapet setingan yang pas jadi belum bisa ikut balap resmi.

what???? itu udah segala merk disebutin dia bilang masih riset??? dengan parts aftermarket mahal-mahal yang udah dibeli dan dipasang dia bilang masih riset?? hmm.. sepertinya ini pas dengan peribahasa jawa "kurang udan kakean gludhug". bukanya mau sok pinter, tapi mestinya dengan spare mahal-mahal yang dipake harusnya kan sudah jadi motor terkencang se kota jogja minimal. lah ini mana?? trus setau saya bengkel-bengkel yang udah sukses membuat motor kencang mekaniknya semuanya kalem-kalem aja, nggak terlalu heboh seperti disini. banyak juga yang cuma make parts standar pabrikan. lah ini udah kaya MotoGP aja parts nya. kalo emang jago ngoprek motor kenapa nggak memaksimalkan parts standar pabrik dulu saja. bahkan tim-tim balap nasional juga mekaniknya banyak yang pake parts standar pabrikan dimotor oprekanya.

Ditambah lagi si empunya motor SatriaF ini ternyata nggak bisa "Njongki", lah?? lalu buat apa epyu nya digarap sampe habis jutaan rupiah dari dompetnya sendiri yang udah dikeluarin?? mana duit masih minta ortu lagi.. apa buat mboncengin mbak pacar doang?? buat nampang doang biar disebut "anak reseng" kah?? weleh-weleh... hanya si empunya epyu yang tahu. hmmm... si empunya motor ini bakalan masuk sorga kayanya, soalnya rela ngeluarin isi dompetnya terus menerus untuk diriset bengkel racing ini :P. emang sih biaya untuk membuat sebuah motor kentjang itu sangat mahal tapi masa iya motor pelanggan dijadiin bahan riset? harusnya kan kalo mau riset pake motor sendiri dulu kasianlah pemilik motor yang sama kaya saya yang nggak tau apa-apa tentang mesin disuruh ngeluarin duit terus-terusan.

buat brother semuanya, kalo mau ngoprek motornya jangan di bengkel yang kaya gini deh. lihat-lihat dulu bengkelnya, beneran bisa garap ngoprek apa nggak. jangan langsung terbujuk dengan omongan sok reseng yang selalu bawa-bawa parts impor. kondisikan juga dengan kebutuhan, mau buat balapan atau touring atau cuma buat harian saja. sayang kan kalo keluar banyak uang tapi motor cuma keluar masuk bengkel gara-gara katanya masih riset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar