Jumat, 20 Februari 2015

Suzuki New Shogun 110 rasa Jupiter MX 135LC



FD135 LC hhahaa..
Di saat orang sibuk ngoprek motor keluaran baru atau merestorasi motor tua biar nafas muda lagi, seorang pria kelahiran solo yang tinggal di sumedang sebut saja namanya kang Putranto malah tetep setia ngoprek Suzuki new shogun 110 miliknya. Nggak tanggung-tanggung modifnya yaitu make block+head punya Yamaha Jupiter MX 135LC. head dengan 4 klep dan 1 camshaft milik jupiter yang udah make radiator. Waaahh… padahal biasanya kalo shogun itu yang sering ane lihat kalo swap engine make block+head punya Suzuki satria F150. Pernah lihat ada yang swap make punya satria F, malah pake turbo juga.. sangar deh pokoknya. dari sekian banyak yang pake shogun 110 sebenere masih banyak yang kreatif modif mesin shogun 110 yang bisa dibilang jadul, seperti mas Dian orang ponorogo yang ngerubah sistem kopling shogun 110 jadi model per spiral dari sebelumnya yang pake diafragma, Mas Priyo dan Mas Taufan yang denger-denger lagi mau riset masang RRA di shogun 110 milik mereka. kalo ane lagi sibuk riset isi dompet biar pas tanggal tua ngga cuma dihuni rombongan kertas bergambar patimura...

Proses pemasangan blok
Mungkin biar beda sama yang lain jadi kang putranto milih pake engine block+head punya Yamaha Jupiter mx :D . menurut info yang ane dapet si empunya motor, garapan sepenuhnya dipercayakan sama bengkel kenalanya. ini yang namanya totalitas, nggak nanggung karena nggak cuma modif tampilan motor (kaya saya) atau ngoprek mesin bermodal puluhan juta rupiah biar bisa lari 500 kpj motornya yang cuma buat harian (katanya) tapi emang membangun mesin FD110 dari nol lagi karena yang make blok+head mx di mesin FD110 cuma kang putranto kayaknya. Banyak penyesuaian yang harus dilakukan buat masang blok+head si jupe mx ke crankcase shogun 110. Yaiyalah, Jupie mx make radiator, shogun kan nggak. sebagai orang awam yang ngga paham dengan mesin ane cuma bisa bayangin pasti rumit banget buatnya. bubut sana bubut sini, las lagi, bubut lagi, hadeehhh..  disinilah kredibilitas mekanik dan kesabaran si empunya motor diuji hhe.



“wah apa ntar nggak ditilang pulisi kalo dipake dijalan?” kalo masalah itu ane gak tau dan ane yakin kang Putranto pasti sudah memikirkanya dulu. Lagian yang penting bukan barang hasil curian kan? :D bukanya mau ngeyel tapi menurutku kalo modifikasi yang dilakukan nggak ngeganggu orang lain kenapa mesti takut polisi? Walaupun seumpamanya melanggar hukum karena nggak sesuai STNK itu udah resiko motor yang dimodifikasi. kalo balap liar yang di jalan raya ane setuju kalo pada ditangkep sama pak polisi :D

Ini apaan sih kok jadi ngebahas hukum segala? Sok-sok an kaya ngarti hukum. Ane sekolah cuma nyampe gerbang gayanya ngomongin hukum :D . kembali ke leeepttttoooppp…. Beberapa masalah yang ditemui pada saat pemasangan blok+head jupiter mx ke shogun antara lain (detailnya sih ane nggak tau) menurut kang putranto ialah seperti pemilihan intake manifold yang bingung mau pake punya motor apa karena katanya sudah penuh dan sesak dijejali selang dan mentok rangka. Ada lagi pemilihan rantai kamprat yang bikin pusing dan penyesuaian di sektor kruk as yang naik stroke beberapa mm.


Menurut yang punya motor, ongkos belanja part nya bisa dibilang nggak terlalu mahal karena kang putranto belinya nyicil satu demi satu jadi nggak terlalu "mahal". apalagi produk yamaha emang sparepartya lebih murah dibandingkan dengan part suzuki. di bawah ada beberapa foto lagi yang ane minta langsung ke empunya motor :D


  


 


 


Keliatan lebih kekar si shogun apalagi body motor yang dibikin minimalis jadi tambah manis dilihat. umtuk performanya si empunya belum ngomong sama ane. katanya belum sempet melintir grip gas dalem-dalem jadi belum tau :D. "ditungu aja nanti tak kasih tau hasilnya, naik apa nggak performa nya... rencana pengen ganti sistem injeksi sekalian biar nggak ribet" gitu katanya. nggak sabar nunggu preview nya kang hhaa.. sapa tau ntar ane kepikiran trus pengen ikutan masang blok+head mx kaya njenengan :D (ngimpi).  Buat yang penasaran pengen nanya langsung sama orangnya bisa add pesbuknya dengan nama "Putranto Sisc" tenang aja, orangnya ramah kok. punya kesabaran tingkat dewa saat diberondong pertanyaan oleh orang kepo yang loadingnya lama kayak ane :D. sebenernya motor merk apa aja pasti keren kalo pas modifikasinya. entah itu yamaha, honda, suzuki atau kawasaki. buktinya kang putranto bisa ngemodif shogun 110 nya beda dari yang lain. disaat semua tertuju pada aliran "reseng" kang putranto cuma jawab kalem "bukan buat balapan kok mas" sungguh jawaban yang menyejukan hati mengingat ane emang ngga suka naik motor kenceng-kenceng... takut.. 70 kpj udah gemeteran nih dengkul. salut deh kalo ada yang bilang top speed motornya bisa nyampe 140 kpj motornya tetep stabil :P 

keep calm and no ugal-ugalan.. modif terusss pokok e kang.. salam seduluran buat semuanya :D




4 komentar:

  1. Putranto sisc itu nama facebokknya?
    Kog gak ada ya...
    Mau tanya soal kopling di modif spring

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh.. mungkin udah ganti nama fb nya kali

      Hapus
  2. Kopling masih pake yg plat matahari mas

    BalasHapus
  3. Kopling nya bisa dirubah ga gan? diafragma punya l 110 ke pernah spiral, pakai apa klau bisa?

    BalasHapus