Jumat, 18 September 2015

Si Shogun akhirnya dapet teman baru



Bermula ketika ane sama adek sepupu keliling jogja buat nyari motor bekas karena keadaan emang harus punya motor lagi yang lebih “sehat” dari si FD110 dirumah yang udah mulai sering ngambek kalo diajak jalan agak jauh. Bukanya mau sok kaya punya motor lebih dari 1 tapi karena kondisi yang emang mengharuskan shogun R 110 yang udah menemani ane selama 12 tahun untuk lebih banyak beristirahat dirumah.

Yap.. Hampir 2 hari tiap pagi sampe sore keliling kota jogja dari daerah bantul muter-muter sampe jogja kota hingga daerah kulon progo berburu inceran ane yaitu motor batangan berteknologi mesin “jadul” single piston SOHC dengan kubikasi 196cc pabrikan Honda bernama Tiger Revo . Kenapa jadul? Karena ini motor udah discontinue tahun 2013 kemaren dan menurut ane pribadi nggak ada perubahan yang kentara di area mesin sejak motor ini pertama kali brojol tahun 1993 silam. Banyak yang bilang kalo ni motor partnya mahal-mahal, rantai yang berisik, mesin jadul, tangki yang cepet keropos dll. Tapi nggak terlalu ane pikirin karena menurut ane nggak ada yang sempurna didunia ini, apalagi cuma buatan manusia. Makanya nggak usah berantem gara-gara fanatik berlebihan sama produk tertentu sampai ngejelekin merk lain, ngga ada untungnya mas bro. semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. sama kenapa ane tetep setia sama shogun 110 walaupun udah 12 tahun dan minta ganti ini itu yang bikin pusing kepala dan dompet tipis. Sok bener dah ane.. hhaaa.. 

New Honda Tiger Revo
Sempet bingung juga sebenernya, dari Yamaha ada si kalajengking 225cc yang punya akselerasi maknyusss atau si macan jadul yang jago lari di trek lurus yang panjang. Soale ane juga demen sama si Pio ini.. dengan piston berdiameter 70mm dan suspensi belakang monocross ini sempet ngebuat ane kesengsem. “gandrung, aku gandrung!” kalo Kata den mas pono di preman in love sih.. :D

Yamaha Scorpio Z

Loh kok motor yang di jadiin pilihan kok motor jadul semua sih? Bukanya sekarang banyak tuh motor-motor batangan dengan tampilan lebih yahud kayak Yamaha V-ixion, Byson, R15,R25, Honda CB150R, CBR150R, CBR250, Kawasaki ninja 150, Ninja 250, KLX150, D-Tracker, dsb? waduh..  Soalnya disamping budget yang mefet :P tapi ini juga soal selera.. dan selera orang itu beda-beda kan? Hhehe. Walaupun  sekarang jamanya motor injeksi, kubikasi antara 150-250cc yang punya power edan dan jambakan setan dengan konsumsi bbm yang lebih baik tapi anggaranya blum cukup buat nebus 1 diantara mereka hhe..

lha trus kenapa nggak milih varian bebek super/sport aja macam  Satria F-150, Jupiter MX king, atau si Sonic 150? walaupun dari segi power nggak diraguin lagi nih rombongan  11-12 sama motor batangan, tapi ya itu tadi.. selera dan tututan umur yang maksa ane cari tunggangan yang pas di usia seperempat abad ini :D

Singkat cerita akhirnya tercapai  juga punya motor batangan walaupun cuma beli dalam kondisi “janda” alias second. Honda new tiger revo double headlamp(asimetris) tahun 2010 udah nangkring  dirumah. Alhamdulillah, walaupun pas pertama dapet dalam kondisi yang cukup memprihatinkan. Motor dalam keadaan buluk seperti nggak diurus sama pemiliknya dulu. Tangki penyok sepertinya kena stang dan keropos, Visor headlamp pecah, spion yang kanan kacanya hilang, lampu sein udah nggak asli, shock depan dalam keadaan amblas dipendekin dan shock belakang dibikin nungging karena dikasih peninggi. Belum lagi dimana-mana terdapat stiker yang cukup menggangu mata, bahkan ada stiker Garputala yang seharusnya jadi hak milik motor Yamaha ikutan nempel di tangki.. ya Allah.. ckckckckck… banyak banget PR yang mesti dkerjain. Sedikit demi sedikit kini PR udah teratasi, stiker udah hilang semua, tangki bocor udah ane tambal, shock depan belakang udah ane standarin, visor lampu udah ane beliin dan spion? Udah ane pinjemin sama temen ane yang punya CB150R hhhaa.. alhamdulillah mesinya masih perawan jadi cuma minta ganti kampas kopling doang. Tinggal 1 PR yang masih tertinggal.. rantai.. yakkkk… ini masalah paling pelik karena harus rogoh kocek sedikit lebih dalem.. :D

Visor Headlamp
Tampang awal si tigor, tempelan stickernya bikin ngilu..
proses pembersihan dari sticker-sticker "gaul"

Tangki yang keropos
Alhamdulillah :D
Yah namanya juga motor second jadi pasti ada yang mesti dibenerin hhe.. soal performa? Dijalan lurus panjang masih mampu lari 112 kpj di speedometer :D cukup lah nggak usah muluk-muluk, segitu juga udah buat bikin dengkul ane lemes dan “burung pleci” kesayangan berasa hilang karena getaran mesin bwahahaaa.. Shogun 110 buat harian jarak pendek, Si Tigor buat jalan jauh/mudik.. semoga awet sampe tua Aminn.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar