Bermula ketika ane sama adek sepupu keliling jogja buat nyari
motor bekas karena keadaan emang harus punya motor lagi yang lebih “sehat” dari
si FD110 dirumah yang udah mulai sering ngambek kalo diajak jalan agak
jauh. Bukanya mau sok kaya punya motor lebih
dari 1 tapi karena kondisi yang emang mengharuskan shogun R 110 yang udah
menemani ane selama 12 tahun untuk lebih banyak beristirahat dirumah.
Yap.. Hampir 2 hari tiap pagi sampe sore keliling kota jogja
dari daerah bantul muter-muter sampe jogja kota hingga daerah kulon progo
berburu inceran ane yaitu motor batangan berteknologi mesin “jadul” single
piston SOHC dengan kubikasi 196cc pabrikan Honda bernama Tiger Revo . Kenapa
jadul? Karena ini motor udah discontinue tahun 2013 kemaren dan menurut ane
pribadi nggak ada perubahan yang kentara di area mesin sejak motor ini pertama
kali brojol tahun 1993 silam. Banyak yang bilang kalo ni motor partnya
mahal-mahal, rantai yang berisik, mesin jadul, tangki yang cepet keropos dll.
Tapi nggak terlalu ane pikirin karena menurut ane nggak ada yang sempurna
didunia ini, apalagi cuma buatan manusia. Makanya nggak usah berantem gara-gara
fanatik berlebihan sama produk tertentu sampai ngejelekin merk lain, ngga ada
untungnya mas bro. semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. sama
kenapa ane tetep setia sama shogun 110 walaupun udah 12 tahun dan minta ganti
ini itu yang bikin pusing kepala dan dompet tipis. Sok bener dah ane.. hhaaa..
New Honda Tiger Revo |
Sempet bingung juga sebenernya, dari Yamaha ada si
kalajengking 225cc yang punya akselerasi maknyusss atau si macan jadul yang
jago lari di trek lurus yang panjang. Soale ane juga demen sama si Pio ini.. dengan
piston berdiameter 70mm dan suspensi belakang monocross ini sempet ngebuat ane
kesengsem. “gandrung, aku gandrung!” kalo Kata den mas pono di preman in love
sih.. :D
Yamaha Scorpio Z |
Loh kok motor yang di jadiin pilihan kok motor jadul semua
sih? Bukanya sekarang banyak tuh motor-motor batangan dengan tampilan lebih
yahud kayak Yamaha V-ixion, Byson, R15,R25, Honda CB150R, CBR150R, CBR250,
Kawasaki ninja 150, Ninja 250, KLX150, D-Tracker, dsb? waduh.. Soalnya disamping budget yang mefet :P tapi
ini juga soal selera.. dan selera orang itu beda-beda kan? Hhehe. Walaupun sekarang jamanya motor injeksi, kubikasi
antara 150-250cc yang punya power edan dan jambakan setan dengan konsumsi bbm
yang lebih baik tapi anggaranya blum cukup buat nebus 1 diantara mereka hhe..
lha trus kenapa nggak milih varian bebek super/sport aja
macam Satria F-150, Jupiter MX king,
atau si Sonic 150? walaupun dari segi power nggak diraguin lagi nih rombongan 11-12 sama motor batangan, tapi ya itu tadi..
selera dan tututan umur yang maksa ane cari tunggangan yang pas di usia
seperempat abad ini :D
Singkat cerita akhirnya tercapai juga punya motor batangan walaupun cuma beli
dalam kondisi “janda” alias second. Honda new tiger revo double
headlamp(asimetris) tahun 2010 udah nangkring
dirumah. Alhamdulillah, walaupun pas pertama dapet dalam kondisi yang
cukup memprihatinkan. Motor dalam keadaan buluk seperti nggak diurus sama
pemiliknya dulu. Tangki penyok sepertinya kena stang dan keropos, Visor
headlamp pecah, spion yang kanan kacanya hilang, lampu sein udah nggak asli,
shock depan dalam keadaan amblas dipendekin dan shock belakang dibikin nungging
karena dikasih peninggi. Belum lagi dimana-mana terdapat stiker yang cukup
menggangu mata, bahkan ada stiker Garputala yang seharusnya jadi hak milik
motor Yamaha ikutan nempel di tangki.. ya Allah.. ckckckckck… banyak banget PR
yang mesti dkerjain. Sedikit demi sedikit kini PR udah teratasi, stiker udah
hilang semua, tangki bocor udah ane tambal, shock depan belakang udah ane
standarin, visor lampu udah ane beliin dan spion? Udah ane pinjemin sama temen
ane yang punya CB150R hhhaa.. alhamdulillah mesinya masih perawan jadi cuma
minta ganti kampas kopling doang. Tinggal 1 PR yang masih tertinggal.. rantai..
yakkkk… ini masalah paling pelik karena harus rogoh kocek sedikit lebih dalem..
:D
Tampang awal si tigor, tempelan stickernya bikin ngilu.. |
proses pembersihan dari sticker-sticker "gaul" |
Tangki yang keropos |
Alhamdulillah :D |
Yah namanya juga motor second jadi pasti ada yang mesti
dibenerin hhe.. soal performa? Dijalan lurus panjang masih mampu lari 112 kpj
di speedometer :D cukup lah nggak usah muluk-muluk, segitu juga udah buat bikin
dengkul ane lemes dan “burung pleci” kesayangan berasa hilang karena getaran
mesin bwahahaaa.. Shogun 110 buat harian jarak pendek, Si Tigor buat jalan
jauh/mudik.. semoga awet sampe tua Aminn.. :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar