Selasa, 03 November 2015

Tiger Project Part 1

Kesan pertama setelah naik ini motor tu rantai nya berisik banget dipake buat jalan diatas 50 kpj :D soal akselerasi  yah standaran aja, disamping body Tirev yang semok kaya penyanyi ndangdut juga karena mesin yang masih “perawan” mungkin. 5 tahun awal dipake sama pemilik sebelumnya kayaknya nggak pernah di otak-atik jeroanya. Bentuk mur yang ada di area mesin seperti belum pernah tersentuh kunci-kunci bengkel kecuali area karbu, tutup klep, baut tap oli tentu saja. Keadaan tangki yang keropos sudah teratasi sementara dengan menghabiskan lem besi 4 pasang alias 8 biji :D hhaa.. belum ada dana buat beli tangki baru jadi sementara begini dulu lah..

Baru pertama kali dibongkar
Bongkarrrr....
Lalu dari tutup aki sama tutup filter udara udah tak cat lagi karena disamping warna yang kusam juga banyak baretnya. Air shroud atau sayap yang ada ditangki juga kena semprot cat lagi. Balik lagi ke area mesin, setelah pergantian kampas kopling ane ngarasain di rpm tinggi masih sering terjadi kaya gejala mesin teriak tapi si tigor diem, nggak nambah kecepatanya. Entah karena cuma make kampas kopling abal-abal (jurus irit alias pelit jadi andalan) tapi gejala slip di rpm atas masih sedikit berasa walaupun nggak separah sebelum ganti kampas. Tanya ngalor ngidul ngetan ngulon ternyata suruh ganti per kopling atau ganjel pake ring, Duh.. ada temen nyaranin lepas Juder koplingnya terus ganti pake kampas kopling biasa. Plat kopling juga diganti pake punya GL series karena punya GL ada bintik-bintiknya sedangkan punya tiger halus, jadi lebih “ngegigit” punya GL begitchu katanya.

Judder kopling dilepas
Plat kopling Tiger Revo(alus, ngga ada bintik-bintiknya)
Lanjut di area stir, yak.. komstir nya udah waktunya ganti. Lagi-lagi ngga make part ori, ga papalah yang penting bukan barang curian hhehe.. komstir merk indoparts ditebus seharga  40 ribuan. Hemat deh pokoknya, hhe.. Hasilnya lumayan lah buat diajak jalan sebulan sekali Jogja-Brebes lewat jalur selatan Alhamdulillah aman. PR nya tinggal 1 lagi buat si tigor, Ganti rantai set.. nabung pelan-pelan dulu. Disamping ngurus tigor ane juga ngurus Shogun soalnya, kepikiran buat bikin si shogun bisa lari lagi kaya jaman masih STM dulu. Dengan spek sekarang pol mentok Cuma 70an kpj,  Alhamdulillah aman. PR nya tinggal 1 lagi buat si tigor, Ganti rantai set.. nabung pelan-pelan dulu.

Komstir+Oli
Soalnya disamping ngurus tigor ane juga ngurus Shogun 110, kepikiran buat bikin si shogun bisa lari lagi kaya jaman masih STM dulu. Dengan spek sekarang pol mentok Cuma 70an kpj,  Alhamdulillah aman. PR nya tinggal 1 lagi buat si tigor, Ganti rantai set.. nabung pelan-pelan dulu. Disamping ngurus tigor ane juga ngurus Shogun soalnya, kepikiran buat bikin si shogun bisa lari lagi kaya jaman masih STM dulu. Dengan spek sekarang pol mentok Cuma 70an kpj,  kata temen ane sih si shogun kegedean piston karena make piston Thunder tapi klep masih standar.

Jadi ngerasa ketinggalan jaman banget, saat orang lain udah make bebek buncit 125cc terbaru di jamanya ane malah milih Shogun 110 yang udah mulai redup waktu itu (2004) dan sekarang pas jamanya motor injeksi yang praktis, irit dan kenceng malah milih Tiger yang hhe.. sebenernya uda ada yang tak tulis di artikel sebelume.. ini cuma sambunganya aja. maklumlah, ane sibuk banget (tiduran, nonton TV, ngupil dst...).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar