Kesan pertama
setelah naik ini motor tu rantai nya berisik banget dipake buat jalan diatas 50
kpj :D soal akselerasi
yah standaran
aja, disamping body Tirev yang semok kaya penyanyi ndangdut juga karena mesin
yang masih “perawan” mungkin. 5 tahun awal dipake sama pemilik sebelumnya
kayaknya nggak pernah di otak-atik jeroanya. Bentuk mur yang ada di area mesin
seperti belum pernah tersentuh kunci-kunci bengkel kecuali area karbu, tutup
klep, baut tap oli tentu saja. Keadaan tangki yang keropos sudah teratasi
sementara dengan menghabiskan lem besi
4 pasang alias 8 biji :D hhaa.. belum ada dana
buat beli tangki baru jadi sementara begini dulu lah..
|
Baru pertama kali dibongkar |
|
Bongkarrrr.... |
Lalu dari tutup aki sama tutup filter udara udah tak cat
lagi karena disamping warna yang kusam juga banyak baretnya. Air shroud atau
sayap yang ada ditangki juga kena semprot cat lagi. Balik lagi ke area mesin,
setelah pergantian kampas kopling ane ngarasain di rpm tinggi masih sering
terjadi kaya gejala mesin teriak tapi si tigor diem, nggak nambah kecepatanya. Entah
karena cuma make kampas kopling abal-abal (jurus irit alias pelit jadi andalan) tapi
gejala slip di rpm atas masih sedikit berasa walaupun nggak separah sebelum
ganti kampas. Tanya ngalor ngidul ngetan ngulon ternyata suruh ganti per
kopling atau ganjel pake ring, Duh.. ada temen nyaranin lepas Juder koplingnya
terus ganti pake kampas kopling biasa. Plat kopling juga diganti pake punya GL
series karena punya GL ada bintik-bintiknya sedangkan punya tiger halus, jadi
lebih “ngegigit” punya GL begitchu katanya.
|
Judder kopling dilepas |
|
Plat kopling Tiger Revo(alus, ngga ada bintik-bintiknya) |
Lanjut di area stir, yak.. komstir nya udah waktunya ganti. Lagi-lagi
ngga make part ori, ga papalah yang penting bukan barang curian hhehe.. komstir
merk indoparts ditebus seharga
40 ribuan.
Hemat deh pokoknya, hhe.. Hasilnya lumayan lah buat diajak jalan sebulan sekali
Jogja-Brebes lewat jalur selatan Alhamdulillah aman. PR nya tinggal 1 lagi buat
si tigor, Ganti rantai set.. nabung pelan-pelan dulu. Disamping ngurus tigor
ane juga ngurus Shogun soalnya, kepikiran buat bikin si shogun bisa lari lagi
kaya jaman masih STM dulu. Dengan spek sekarang pol mentok Cuma 70an kpj,
Alhamdulillah aman. PR nya tinggal 1 lagi buat
si tigor, Ganti rantai set.. nabung pelan-pelan dulu.
|
Komstir+Oli |
Soalnya disamping ngurus tigor
ane juga ngurus Shogun 110, kepikiran buat bikin si shogun bisa lari lagi
kaya jaman masih STM dulu. Dengan spek sekarang pol mentok Cuma 70an kpj,
Alhamdulillah aman. PR nya tinggal 1 lagi buat
si tigor, Ganti rantai set.. nabung pelan-pelan dulu. Disamping ngurus tigor
ane juga ngurus Shogun soalnya, kepikiran buat bikin si shogun bisa lari lagi
kaya jaman masih STM dulu. Dengan spek sekarang pol mentok Cuma 70an kpj, kata
temen ane sih si shogun kegedean piston karena make piston Thunder tapi klep
masih standar.
Jadi ngerasa ketinggalan jaman banget, saat orang lain udah make bebek buncit 125cc terbaru di jamanya ane malah milih Shogun 110 yang udah mulai redup waktu itu (2004) dan sekarang pas jamanya motor injeksi yang praktis, irit dan kenceng malah milih Tiger yang hhe.. sebenernya uda ada yang tak tulis di artikel sebelume.. ini cuma
sambunganya aja. maklumlah, ane sibuk banget (tiduran, nonton TV, ngupil
dst...).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar