Rabu, 24 Juni 2015

Ganti Ban Si Suzy



Marhaban ya Ramadhan.. hhe.. nggak terasa udah puasa lagi padahal kayaknya baru kemaren ane mudik lebaran. Perjalanan dari brebes ke jogja saya Kejebak macet gara-gara ada salah satu jembatan di jalur pantura yang ambrol jadi macet. Karena kendaraan yang biasanya lewat jalur pantura  dialihkan ke jalur selatan. Dari bumiayu sampe kebumen Cuma bisa lewat bahu jalan. Yah itu tadi sedikit flashback pengalaman mudik tahun kemaren.

Ngomong-ngomong  soal mudik, jadi inget si shogun 110 butut dirumah. Setelah di  lihat-lihat ternyata minta ganti ban karena kompon nya udah kaya ban truck. Keras men.. kaya punya saya kalo pagi.. keras.. hussss… Karet bulat yang menempel di velg ride it U-shape ukuran 140.17  dan 160.17 bermerek ind*tire sudah waktunya pensiun. Ban buatan tahun 2013 itu sudah licin ketika diajak melibas tikungan (tulisanya gaya dikit biar kaya blog-blog milik bikers pro, hhee).

Ban Indot*re punya ane
Setelah itung-itung budget di dompet kayaknya cukup buat hidup 1 bulan sama ganti ban diputuskan untuk beli ban baru. Seorang teman yang nggak mau disebutin namanya yaitu pak aditya (nah kan bener gak mau disebutin namanya) yang sering ikut cornering di SSA bantul tiba-tiba ngeracuni saya untuk beli ban soft compound.  Yak.. karet bundar melingkar yang biasanya dipake buat road race atau sekedar untuk corneringan para biker ini katanya lengket di aspal. Dari mulai F*R, Co*sa, I*C sampai Battla* dan merk lain yang harganya bikin jantung berhenti berdetak (lebay) diburu para pecinta roda dua.

Pak Aditya nyaranin ane buat beli Co*sa tipe R46 yang harganya lumayan miring meskipun soft compound. Tau aja kalo budget ane nggak cukup buat beli F*R soft compound pak? hhahaha…
 Tapi ane terlanjur jatuh cinta sama F*R MP27 tapi apa daya dompet ane udah melambaikan tangan ke kamera tanda nggak sanggup beli MP27. Akhirnya diputuskan untuk beli yang 2nd alias second aka janda. Kata orang banyak yang make ban soft compound bekas roade race ini untuk motornya dipake buat harian. Mungkin aneh karena kalo soft compound kan lembek, berarti bakalan cepet habis itu ban kalo dipake harian tapi nyatanya temen-temen yang udah make awet-awet aja kok, hhe. Mungkin yang cepet habis itu kalo dipake di motor bebek yang 200cc dengan seabrek parts racing yang mampu menghembuskan sampai 30dk tapi Cuma dipake buat harian jadi cepet habis deh itu ban hheehhee pissss…

Co*sa R46




MP76
MP27
Singkatnya perburuan ban bekas  road race pun dimulai.. hunting di grup-grup jual beli sparepart di pesbuk, ol*, sampai kask*s. tiap saat ane pantengin stupidphone kesayangan buat cari dimana yang jualan itu ban. Akhirnya dapet 2 orang yang punya stok ban tersebut. Langsung ane kontek tapi nasib.. semua lagi kehabisan stok ban. Hadeehhh.. sempat berpikir buat beli C*rsa R46 yang harganya kisara 230an tapi inget dompet jadi nggak tega.. hheee.. 

Masih belum nyerah, cari lagi dan seorang teman ada yang nawarin katanya temenya punya stok 2 ban tapi seri MP76, bukan MP27. Lah sama aja kan? Yang penting soft compound. Okelah lalu ane niatin buat ngambil itu ban. Lagi-lagi gagal karena dompet yang teriak-teriak melambaikan tangan.. wkwkwkw...  Yah maklumlah, disini kan cuma “pengangguran” jadi nggak kaya yang punya banyak duit yang kalo pengen ini itu tinggal nunjuk. Jangankan buat beli ban road race.. buat beli ban Tjatjing biar kaya motor anak muda jaman sekarang aja nggak bisa.. pisssss….

Akhirnya diujung asa yang aku gantungkan ini.. alahhhhh… opo sih.. ketemu juga sama yang punya stok MP27 , namanya si (tiiiiiitttt….) doi jual MP27 sepasang. Setelah deal harga akhirnya janjian ketemuan sama masnya.. tapi suer ini ketemuan antara 2 laki-laki normal bukan homo.

Horeeee...
minggu ke 15 tahun 2015
Alhamdulillah.. akhirnya dapet juga MP27 seharga (tiiitttt..) hhee.. langsung pasang deh ke velg, dan eng ing eng.. shogun butut kelihatan lebih kekar menurut ane. Setelah dicoba ternyata spakbor depan harus di coak karena figur ban ukuran 90/80 lebih besar dari ban standar yang ukuranya cuma 70/90. Hadiehhh.. bongkar lagi deh.. coak spakbor depan bagian dalam biar muat dipasangain ban gambot.
Setelah beberapa kali coak bongkar pasang ban akhirnya terpasang juga ban MP27 ke shogun butut ane. Malam harinya langsung tes ban yang katanya lengket di aspal. Trek mulai dari jalan imogiri-siluk sampai jalan tembus ke jl. Paris.. wuedannn.. dari imogiri sampe paris??? Maksudnya jalan parangtritis.. buakn paris yang di prancis sono.. kira-kira jam 21.00 wib pas buat nyoba karena jalanan yang udah sepi. Hasilnya emang enak buat keluar masuk tikungan motor bisa diajak sedikit rebahan walaupun masih takut footstep standar gasruk ke aspal. Pokok e manteb lah.. hhihihi.. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar