Marhaban ya Ramadhan.. hhe.. nggak terasa udah puasa lagi
padahal kayaknya baru kemaren ane mudik lebaran. Perjalanan dari brebes ke
jogja saya Kejebak macet gara-gara ada salah satu jembatan di jalur pantura
yang ambrol jadi macet. Karena kendaraan yang biasanya lewat jalur pantura dialihkan ke jalur selatan. Dari bumiayu sampe
kebumen Cuma bisa lewat bahu jalan. Yah itu tadi sedikit flashback pengalaman
mudik tahun kemaren.
Ngomong-ngomong soal
mudik, jadi inget si shogun 110 butut dirumah. Setelah di lihat-lihat ternyata minta ganti ban karena
kompon nya udah kaya ban truck. Keras men.. kaya punya saya kalo pagi.. keras..
hussss… Karet bulat yang menempel di velg ride it U-shape ukuran 140.17
dan 160.17 bermerek ind*tire sudah
waktunya pensiun. Ban buatan tahun 2013 itu sudah licin ketika diajak melibas
tikungan (tulisanya gaya dikit biar kaya blog-blog milik bikers pro, hhee).
Ban Indot*re punya ane |
Setelah itung-itung budget di dompet kayaknya cukup buat
hidup 1 bulan sama ganti ban diputuskan untuk beli ban baru. Seorang teman yang
nggak mau disebutin namanya yaitu pak aditya (nah kan bener gak mau disebutin
namanya) yang sering ikut cornering di SSA bantul tiba-tiba ngeracuni saya
untuk beli ban soft compound. Yak..
karet bundar melingkar yang biasanya dipake buat road race atau sekedar untuk
corneringan para biker ini katanya lengket di aspal. Dari mulai F*R, Co*sa, I*C
sampai Battla* dan merk lain yang harganya bikin jantung berhenti berdetak (lebay)
diburu para pecinta roda dua.
Pak Aditya nyaranin ane buat beli Co*sa tipe R46 yang
harganya lumayan miring meskipun soft compound. Tau aja kalo budget ane nggak
cukup buat beli F*R soft compound pak? hhahaha…
Tapi ane terlanjur jatuh
cinta sama F*R MP27 tapi apa daya dompet ane udah melambaikan tangan ke kamera
tanda nggak sanggup beli MP27. Akhirnya diputuskan untuk beli yang 2nd
alias second aka janda. Kata orang banyak yang make ban soft compound bekas
roade race ini untuk motornya dipake buat harian. Mungkin aneh karena kalo soft
compound kan lembek, berarti bakalan cepet habis itu ban kalo dipake harian
tapi nyatanya temen-temen yang udah make awet-awet aja kok, hhe. Mungkin yang
cepet habis itu kalo dipake di motor bebek yang 200cc dengan seabrek parts
racing yang mampu menghembuskan sampai 30dk tapi Cuma dipake buat harian jadi
cepet habis deh itu ban hheehhee pissss…
Co*sa R46 |
MP76 |
MP27 |
Singkatnya perburuan ban bekas road race pun dimulai.. hunting di grup-grup
jual beli sparepart di pesbuk, ol*, sampai kask*s. tiap saat ane pantengin
stupidphone kesayangan buat cari dimana yang jualan itu ban. Akhirnya dapet 2 orang yang punya stok ban tersebut.
Langsung ane kontek tapi nasib.. semua lagi kehabisan stok ban. Hadeehhh.. sempat
berpikir buat beli C*rsa R46 yang harganya kisara 230an tapi inget dompet jadi
nggak tega.. hheee..
Masih belum nyerah, cari lagi dan seorang teman ada yang
nawarin katanya temenya punya stok 2 ban tapi seri MP76, bukan MP27. Lah sama
aja kan? Yang penting soft compound. Okelah lalu ane niatin buat ngambil itu
ban. Lagi-lagi gagal karena dompet yang teriak-teriak melambaikan tangan..
wkwkwkw... Yah maklumlah, disini kan cuma “pengangguran” jadi nggak
kaya yang punya banyak duit yang kalo pengen ini itu tinggal nunjuk. Jangankan
buat beli ban road race.. buat beli ban Tjatjing biar kaya motor anak muda
jaman sekarang aja nggak bisa.. pisssss….
Akhirnya diujung asa yang aku gantungkan ini.. alahhhhh… opo
sih.. ketemu juga sama yang punya stok MP27 , namanya si (tiiiiiitttt….) doi
jual MP27 sepasang. Setelah deal harga akhirnya janjian ketemuan sama masnya..
tapi suer ini ketemuan antara 2 laki-laki normal bukan homo.
Horeeee... |
minggu ke 15 tahun 2015 |
Alhamdulillah.. akhirnya dapet juga MP27 seharga
(tiiitttt..) hhee.. langsung pasang deh ke velg, dan eng ing eng.. shogun butut
kelihatan lebih kekar menurut ane. Setelah dicoba ternyata spakbor depan harus
di coak karena figur ban ukuran 90/80 lebih besar dari ban standar yang
ukuranya cuma 70/90. Hadiehhh.. bongkar lagi deh.. coak spakbor depan bagian
dalam biar muat dipasangain ban gambot.
Setelah beberapa kali coak bongkar pasang ban akhirnya terpasang
juga ban MP27 ke shogun butut ane. Malam harinya langsung tes ban yang katanya
lengket di aspal. Trek mulai dari jalan imogiri-siluk sampai jalan tembus ke
jl. Paris.. wuedannn.. dari imogiri sampe paris??? Maksudnya jalan
parangtritis.. buakn paris yang di prancis sono.. kira-kira jam 21.00 wib pas
buat nyoba karena jalanan yang udah sepi. Hasilnya emang enak buat keluar masuk
tikungan motor bisa diajak sedikit rebahan walaupun masih takut footstep
standar gasruk ke aspal. Pokok e manteb lah.. hhihihi..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar