Jumat, 21 Agustus 2015

Pasang karburator PWK 28



Halo semuaaa.. ketemu lagi dengan ane si bikers bebek jadul yang fenomenal menggelegar tratratakdungjess (pada zamanya tentu saja, wkwkwkw..) si Shogun 110 R. berhubung kemaren lebaran ada sedikit rezeki (Alhamdulillah) ane sempetin servis si shogun kesayangan. Karena si shogun udah teriak minta ganti stang piston dari sebelum mulai puasa hhe. Tanpa basa-basi akhirnya ane perotolin tuh shogun dibantu seorang teman yang kerjaanya tiap hari sebagai mekanik di bengkel resmi Honda. Proses pembongkaran mesin makan waktu hampir 1 jam karna pas bongkarnya malem-malem. Dan setelah semua dibongkar dan dipisahin jadi beberapa bagian kemudian dibesihin semua hingga menyisakan bagian kruk as nya saja. Bener aja itu stang piston udah oblak banget. Paginya sambil perjalanan ke tukang bubut mampir beli stang piston merk NPP, entah karna suasana habis lebaran atau emang harganya udah naik dulu ane pernah beli stang merk NPP buat shogun 125 temen ane cuma 97ribu, tapi ini kok ane beli harganya 125ribu yak?? Duh.. 

Kruk as
Singkatnya setelah semua proses pemasangan stang piston baru dan perakitan mesin kembali ane tes ride buat perjalanan dari imogiri ke kulon progo.. ane rasa emang lebih “sunyi” suara kemlethek nya. Paling yang masih kedengeran itu suara pelatuk klep atau rocker arm akibat noken as yang udah keprasan. Horee.. pemasangan stang baru suksess..

Nah.. dalam perjalanan pulang ke rumah ane liat motor C70 yang kelihatanya udah make mesin suprafit karena dilihat dari bak kopling dan head sama blok silindernya kaya suprafit, sebenernya nggak heran liat motor kaya gitu karena didaerah sini memang lagi tren “anak muda” make motor sejenis dan gak sedikit yang sangar mesinya. Yah hampir sama kaya para maniak CB, tampang boleh butut tapi larinya minta ampun dehh.. mak wusssss…. Hhe. Yang sebenernya ngebuat ane tertarik adalah system pengabut bahan bakar yang dipake si C70 siluman ini.. biasanya pada make karbunya itu kalo nggak PE series ya Karbu RX jambret. Nah si C70 ini make karbu PWK, ane tau karena ane liat jelas.. kan berhentinya tepat disamping ane pas di lampu merah, hhe.. Ane liatin terus sampe lampu hijau menyala dan mak brueeeetttt… si C70 langsung betot gas ninggalin shogun ane.. hhaha.. dan dari situ munculah ide buat ikutan (ane latah orangnya,hhaaa) masang karbu PWK buat shogun, dulu udah pernah make karbu RX king 26(MIC), PWL26(Ninja 150ss Ori), Sama PE 28(kw) tapi Cuma sebentar-sebentar makenya.. waktu make karbu RX king yang ane rasain galak di rpm bawah, tapi atasnya melempem walaupun udah berkali-kali jeting spuyer. Pas make PWL 26 Cuma ganti PJ ukuran 35 langsung ketemu setinganya.. rpm atas bawah ketemu dan konsumsi bensin (premium,wkwkwk) ngga terlalu boros. Waktu make PE 28 langsam oke,bawahnya lumayan galak, rpm tengah enak tapi atasnya Cuma bunyi nguoooknya doang yang keras,bensinya juga lumayan irit karena make PJ/MJ punya GL pro. Makanya penasaran make PWK 28 itu rasanya gimana ya? Hhe

PWK Sudco
Besoknya ane langsung hunting itu karbu PWK, dan ternyata banyak banget jenis dan ukuranya.. akhirnya ane mantepin buat beli PWK 28, tentu saja yang KW karena yang asli harganya sama dengan harga motor ane.. hhhaaaa..  gak papa kan beli produk imitasi? Kan bukan barang curian? Setelah wira-wiri survey sampai hampir ditipu sama anak SMP yang jual karbu PWK yang dia ngasih gambarnya mulus tapi setelah di COD barangnya penuh dengan plastic steel sampai hampir ribut sama orang jualan yang ditanya baik-baik malah jawabanya kaya orang mabok akhirnya dapat juga karbu PWK 28 kw seharga XXXribu. Pas pertama kali liat karbunya agak kaget dikit soalnya selangnya banyak banget :P . nggak lupa sekalian beli manifold buat karbu PWK nya. Ane cari yang model kaya manifold TDR tapi yang panjang, bukan yang ada rotatornya.. pengalaman dulu pernah make  manifold yang ada rotatornya walaupun keuntunganya moncong karbu bisa bebas dipasang menghadap ke banyak arah tapi sering bocor pas sambunganya. Akhirnya dapet manifold merk SND seharga sekian :D




Sampai dirumah ane coba pasang manifold dan karbu baru.. ane coba pasang langsung tanpa jeting spuyer, motor bisa hidup tapi brebet rpm atas ngga mau teriak dan asap hitam mengepul dari knalpot :D lanjut ane coba bongkar pasang karbu buat ganti PJ/MJ nya nyari setingan yang pas. Hampir 3 hari ane tiap waktu luang nyempetin buat nyeting tapi belum ketemu juga. Ternyata lebih susah PWK dari pada varian PE series jetingnya. Tapi akhirnya sekarang udah ketemu walaupun buat rpm atas masih belum pas,buat ukuran PJ/MJ nya lupa hhe.. lumayanlah malah aman nggak ngebut-ngebut naik motornya.. rpm bawah sampai tengah lumayan responsive untuk motor ane yang make final gear lumayan berat (15-34). Untuk konsumsi BBM nya belum tau karena belum pernah buat jalan jauh :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar