Halo semuaaa.. ketemu lagi dengan ane si bikers bebek jadul
yang fenomenal menggelegar tratratakdungjess (pada zamanya tentu saja,
wkwkwkw..) si Shogun 110 R. berhubung kemaren lebaran ada sedikit rezeki
(Alhamdulillah) ane sempetin servis si shogun kesayangan. Karena si shogun udah
teriak minta ganti stang piston dari sebelum mulai puasa hhe. Tanpa basa-basi
akhirnya ane perotolin tuh shogun dibantu seorang teman yang kerjaanya tiap
hari sebagai mekanik di bengkel resmi Honda. Proses pembongkaran mesin makan
waktu hampir 1 jam karna pas bongkarnya malem-malem. Dan setelah semua
dibongkar dan dipisahin jadi beberapa bagian kemudian dibesihin semua hingga
menyisakan bagian kruk as nya saja. Bener aja itu stang piston udah oblak
banget. Paginya sambil perjalanan ke tukang bubut mampir beli stang piston merk
NPP, entah karna suasana habis lebaran atau emang harganya udah naik dulu ane
pernah beli stang merk NPP buat shogun 125 temen ane cuma 97ribu, tapi ini kok
ane beli harganya 125ribu yak?? Duh..
Kruk as |
Singkatnya setelah semua proses pemasangan stang piston baru
dan perakitan mesin kembali ane tes ride buat perjalanan dari imogiri ke kulon
progo.. ane rasa emang lebih “sunyi” suara kemlethek nya. Paling yang masih
kedengeran itu suara pelatuk klep atau rocker arm akibat noken as yang udah
keprasan. Horee.. pemasangan stang baru suksess..
Nah.. dalam perjalanan pulang ke rumah ane liat motor C70
yang kelihatanya udah make mesin suprafit karena dilihat dari bak kopling dan
head sama blok silindernya kaya suprafit, sebenernya nggak heran liat motor
kaya gitu karena didaerah sini memang lagi tren “anak muda” make motor sejenis
dan gak sedikit yang sangar mesinya. Yah hampir sama kaya para maniak CB,
tampang boleh butut tapi larinya minta ampun dehh.. mak wusssss…. Hhe. Yang
sebenernya ngebuat ane tertarik adalah system pengabut bahan bakar yang dipake
si C70 siluman ini.. biasanya pada make karbunya itu kalo nggak PE series ya
Karbu RX jambret. Nah si C70 ini make karbu PWK, ane tau karena ane liat
jelas.. kan berhentinya tepat disamping ane pas di lampu merah, hhe.. Ane liatin terus sampe lampu hijau menyala dan mak
brueeeetttt… si C70 langsung betot gas ninggalin shogun ane.. hhaha.. dan dari
situ munculah ide buat ikutan (ane latah orangnya,hhaaa) masang karbu PWK buat
shogun, dulu udah pernah make karbu RX king 26(MIC), PWL26(Ninja 150ss Ori),
Sama PE 28(kw) tapi Cuma sebentar-sebentar makenya.. waktu make karbu RX king
yang ane rasain galak di rpm bawah, tapi atasnya melempem walaupun udah
berkali-kali jeting spuyer. Pas make PWL 26 Cuma ganti PJ ukuran 35 langsung
ketemu setinganya.. rpm atas bawah ketemu dan konsumsi bensin (premium,wkwkwk)
ngga terlalu boros. Waktu make PE 28 langsam oke,bawahnya lumayan galak, rpm
tengah enak tapi atasnya Cuma bunyi nguoooknya doang yang keras,bensinya juga
lumayan irit karena make PJ/MJ punya GL pro. Makanya penasaran make PWK 28 itu
rasanya gimana ya? Hhe
PWK Sudco |
Besoknya ane langsung hunting itu karbu PWK, dan ternyata
banyak banget jenis dan ukuranya.. akhirnya ane mantepin buat beli PWK 28, tentu
saja yang KW karena yang asli harganya sama dengan harga motor ane..
hhhaaaa.. gak papa kan beli produk
imitasi? Kan bukan barang curian? Setelah wira-wiri survey sampai hampir ditipu
sama anak SMP yang jual karbu PWK yang dia ngasih gambarnya mulus tapi setelah
di COD barangnya penuh dengan plastic steel sampai hampir ribut sama orang
jualan yang ditanya baik-baik malah jawabanya kaya orang mabok akhirnya dapat
juga karbu PWK 28 kw seharga XXXribu. Pas pertama kali liat karbunya agak kaget
dikit soalnya selangnya banyak banget :P . nggak lupa sekalian beli manifold
buat karbu PWK nya. Ane cari yang model kaya manifold TDR tapi yang panjang,
bukan yang ada rotatornya.. pengalaman dulu pernah make manifold yang ada rotatornya walaupun keuntunganya
moncong karbu bisa bebas dipasang menghadap ke banyak arah tapi sering bocor
pas sambunganya. Akhirnya dapet manifold merk SND seharga sekian :D
Sampai dirumah ane coba pasang manifold dan karbu baru.. ane
coba pasang langsung tanpa jeting spuyer, motor bisa hidup tapi brebet rpm atas
ngga mau teriak dan asap hitam mengepul dari knalpot :D lanjut ane coba bongkar
pasang karbu buat ganti PJ/MJ nya nyari setingan yang pas. Hampir 3 hari ane
tiap waktu luang nyempetin buat nyeting tapi belum ketemu juga. Ternyata lebih
susah PWK dari pada varian PE series jetingnya. Tapi akhirnya sekarang udah
ketemu walaupun buat rpm atas masih belum pas,buat ukuran PJ/MJ nya lupa hhe..
lumayanlah malah aman nggak ngebut-ngebut naik motornya.. rpm bawah sampai
tengah lumayan responsive untuk motor ane yang make final gear lumayan berat
(15-34). Untuk konsumsi BBM nya belum tau karena belum pernah buat jalan jauh
:D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar